Berita komplit seputar teknologi, lifestyle, kesehatan dan remaja yang menambah wawasan bagi pembacanya.

Minggu, 16 Desember 2018

Penyebab Motor Boros Bensin dan Cara Mengatasinya

Memiliki hobby touring bersama teman-teman komunitas merupakan hal yang menyenangkan. Namun bagaimana jika motor boros bensin itu anda gunakan untuk menjelajah dengan jarak yang bisa di katakan jauh. Pastinya hal tersebut akan menguras isi kantong anda, bukan kesenangan yang anda dapat malah uang anda harus berkurang. Banyak hal yang dapat menjadi faktor dari masalah motor boros tersebut. Langsung saja, berikut beberapa penyebab motor anda boros bahan bakar :
Faktor yang mengakibatkan motor boros bensin

1. Pemasangan karbulator tidak tepat
Karbulator ini tempat di mana bensin dan udara bercampur yang nantinya akan menjadikan tenaga penggerak bagi motor anda. Namun jika udara yang masuk berlebihan pada bagian tersebut akan mempengaruhi jumlah bahar bakar yang nantinya akan di gunakan. Secara praktisnya jumlah bensin yang di gunakan ikut bertambah banyak seiring dengan bertambahnya udara yang semakin banyak masuk. Hal inilah yang menjadi penyebab motor boros bensin. Segera pastikan hal tersebut agar nantinya tidak menguras kantong anda terlalu banyak.

2. Selang bocor
Biasanya pada selang yang menyalurkan bensin pada bagian tangki bensin sebuah motor relatif pendek. Karena hanya berfungsi sebagai penghubung pada karbulator motor anda. Nah, penyebab selanjutnya yang paling sering terjadi pada motor boros bensin adalah selang yang menghubungkan ke dua bagian tersebut mengalami kebocoran. Kebocoran yang terjadi bisa terjadi karena beberapa faktor bisa saja retak atau pun selang memiliki kualitas yang kurang baik. Untuk memastikan hal ini cukup mudah dengan melihat banyak endapan kotoran pada bagian selang atau memastikan tidak ada bau bensin yang keluar.

3. Filter
Bagian ini berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam mesin motor anda. Sebagai penyaring tentunya bagian berfungsi sebagai pemilah udara yang masuk ke kendaraan anda. karena berfungsi sebagai penyaring bagian ini memiliki kemungkinan besar untuk cepat kotor dan banyaknya berbagai partikel menumpuk pada bagian ini. Maka jika kotor akan berimbas pada bahan bakar yang akan keluar nantinya. Sehingga hal tersebut sering kali menyebabkan motor boros bensin.
Itulah beberapa hal yang sering kali menyebabkan motor boros bensin yang sering anda alami. Lakukan perawatan rutin agar motor anda tidak mendapat masalah. Atau anda juga menambah sedikit pengetahuan akan perawatan motor anda. Agar nantinya anda dapat menanggulangi semua masalah sendiri. Semoga beberapa solusi yang telah di berikan di atas bermanfaat.